I. Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan faktor penting dan menentukan dalam kehidupan suatu bangsa yang berbudaya. Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada tingkat pendidikan yang diperolehnya. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia agar tidak kalah saing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.
Setelah kita amati, nampak jelas bahwa terdapat banyak masalah yang serius dalam peningkatan pendidikan di Indonesia di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Hal ini dibuktikan dengan makin menurunnya indeks pengembangan manusia Indonesia. Kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Indonesia memiliki daya saing yang rendah, dan masih menurut survai dari lembaga yang sama (UNESCO) Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.
Penduduk Indonesia pada tahun 1945 hampir 75% buta huruf, yang berkesempatan masuk SR (SD sekarang) hanya± 2,5 juta anak. Dan yang berpendidikan SLTP dan SLTA pasti lebih sedikit. Untuk itu ada usaha-usaha mempercepat ketinggalan di bidang pendidikan ini memang sudah banyak hasilnya. Masalah lain yaitu adanya murid yang putus sekolah, tidak naik kelas, ataupun yang tidak lulus cukup banyak. Hal ini baru gambaran selintas masalah pendidikan kita.


B. Perumusan Masalah
Berangkat dari latar belakang tersebut, maka makalah ini di fokuskan pada tiga masalah pokok yang terdapat dalam pendidikan di Indonesia:
1) Apa sajakah masalah pokok dalam pendidikan di Indonesia?
2) Apa sajakah permasalahan pendidikan yang aktual di lapangan?
3) Uapaya apa sajakah yang perlu dilakukan dalam menanggulangi masalah pendidikan?