C. UPAYA PENAGGULANGAN MASALAH PENDIDKAN

Untuk menaggulangi masalah pendidikan tersebut diatas, masalah-masalah tersebut harus dilihat secara keseluruhan. Hal ini disebabkan karena suatu jenis masalah pendidikan mesti terkait dengan masalah pendidikan yang lain.
Beberapa upaya penanggulangan masalah-masalah pendidikan dapat kita sebutkan seperti dibawah ini:
1. Dalam upaya memperluas kesempatan belajar, pemerintah telah banyak mendirikan gedung sekolah (SD/PT), mengangkat guru-guru di daerah terpencil serta pemberian berbagai fasilitas.
2. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dilakukan dengan pembaharuan kurikulum, profesionalisasi guru-guru dengan penataran, pelatihan dalam jabatan, membentuk kelompok-kelompok studi guru-guru sejenis, pembaharuan strategi/metode mengajar (CBSA, system paket), pengadaan buku-buku teks, laboratorium, media/alat peraga, perpustakaan dan sebagainya.
3. Upaya penigkatan relevansi pendidikan diadakan dengan pembaharuan kurikulum yang mengacu pada kebutuhan masyarajat/pasar kerja dan juga disediakan fasilitas belajar/praktek sesuai dengan kemampuan.
4. Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi pendidikan dilakukan terutama dengan melaksanakan UU No. 2 tahun 1989 dan PP-PPnya, diadakan penataran/latihan dalam jabatan (in service training) dengan tujuan pemantapan tanggung jawab fungsional para pengelola pendidikan secara menyeluruh dan professional, meningkatkan peranan lembaga pendidikan dalam proses tata cara kehidupan nasional yang lebih berorientasi kepada disiplin kerja secara produktif.
5. Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam membantu pemecahan masalah-masalah pendidikan, pemerintah menjalin hubungan yang erat dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan/Yayasan sebagai mitra usaha, kerja sama dengan perusahaan-perusahaan, pembinaan kepada sekolah-sekolah swasta dan juga pemberian bantuan/subsidi.